Tuesday, September 22, 2009

tselflash

Baru-baru ini dapat sms dari telkomsel yang bunyinya “ Pelanggan yth,sekarang Anda dapat melakukan pengecekan penggunaan Paket Unlimited TELKOMSELFlash dengan SMS, ketik : UL<spasi>INFO,kirim ke 3636 (bebas biaya). Setelah kecepatan diturunkan & ingin mendapat kecepatan normal kembali,Anda dpt membeli paket 50rb(125MB)/100rb(300MB) via SMS. ” Bingung juga… untuk apa ya tu.. ternyata itu sebuah pertanda buruk. Dapat info dari temen n dari “gampong” a.k.a internet ternyata telkomsel menurunkan bandwitdh flashnya.

 


Untuk Paket Basic turun menjadi 500 MB dengan kecepatan maksimum 256 kbps, Paket Advance turun menjadi 1 GB dengan kecepatan maksimum 512 kbps, serta Paket Pro tetap 2 GB dengan kecepatan maksimum 3,6 Mbps. Sebelumnya, kuota yang diberikan untuk ketiga paket tersebut sama-sama 2 GB.

Aneh juga.. kenapa telkomsel gitu ya? Kan udah tertulis dalam kontrak kalo bandwithnya tu 3 Gb (nurut kontrak waktu med buat flash dulu, katanya seh sekarang udah 2 Gb), trus kontraknya setahun lagi. Kalo tiba2 diturunkan jadi 500 Mb, apa itu bukan pelanggaran kontrak? (med kurang ngerti hukum... nurut teman2 gimana). Deuh… Jadi kecewa ama telkomsel..

 

Alasan telkomsel menurunkan bandwitdhnya karena adanya abusive user, berikut petikan dari detikINET:

“Pemberlakukan ini didasarkan pada keinginan untuk membatasi 10% abusive user yang secara dominan menghabiskan resources network dengan penggunaan hingga puluhan bahkan ratusan GB yang mengakibatkan gangguan terhadap pengguna lain karena menyebabkan penurunan kualitas secara signifikan.“

 

Trus juga karena data prilaku konsumen

"Pemberlakukan ini didasarkan pada data perilaku pengguna Telkomsel Flash, di mana 60% rata-rata menggunakan data 500 MB per bulan," sebut Manager Data and Broadband Service Telkomsel, Arief Pradetya, dalam rilis yang dikutip detikINET, Rabu (16/9/2009).”

 

"Sebenarnya data sebesar 500 MB sudah cukup untuk penggunaan normal pelanggan, baik untuk keperluan browsing, chatting maupun downloading secara terpisah," ujarnya.

 

"Sebagai gambaran, pelanggan dapat melakukan browsing 1000 halaman web (rata-rata 500k), download 1000 lagu (rata-rata 5MB), 10.000 e-mail (rata-rata 50 kB), chatting 500 ribu baris atau mengunduh 500 foto (rata-rata 1 MB)," papar dia lebih lanjut.

 

"Jika dirasa 500 MB tetap kurang, Telkomsel juga menyediakan Paket Advance dan Pro dengan Fair Use 1GB dan 2GB. Pelanggan dapat memilih sesuai pola pemakaiannya," demikian Arief menambahkan.

 

"Bila penggunaan melebihi kuota, maka tetap tidak dikenakan biaya tambahan. Hanya secara otomatis kecepatan menjadi internet biasa. Paket Pro menjadi 128 kbps dan paket basic serta advance menjadi 64 kbps," masih kata Arief.

 

Deuh… kan kebutuhan orang beda2 ya. Tapi kok gak disertakan lembaga surveynya… Dari pernyataan terakhir kita masih bersyukur kalo penggunaan melebihi kuota tidak dikenakan biaya tambahan. Seandainya dikenakan biaya tambahan, trus diberlakukan tanpa pemberitahuan… Bisa panik cari tempat ngutang untuk bayar tagihan telkomsel flash.

 

Mudah2an ini cuma sementara ya… mungkin setelah abusive usernya ilang bandwitdhnya akan dikembalikan seperti semula.. Atau mungkin nanti ada teknologi baru yang bisa menangkal 10% abusive user. Sayang kan 90% user baik yang lain dirugikan (salah satunya ane… hehehehehe).

4 comments

  1. iya kenapa ya... , hbs ga ada lg yg murah siih...

  2. Admin said:
    This comment has been removed by a blog administrator.
  3. Kang Yasin said:

    hmmmm kalau pake telkomsel biasanya lihat daerahnya dulu mas kita cocokan mana yang terbaik apa lebih baik kita pakai telkomsel atau speedy begitu

  4. ogahrugi said:

    emang suka gitu telkomsel..

Post a Comment