Friday, April 17, 2009
GPS atau Global Positioning System adalah Sistem Navigasi menggunakan satelit berbasiskan radio yang menyediakan informasi koordinat posisi, kecepatan dan waktu. Nah, kalo ada yang punya modem GSM Sierra 881U, di dalam modem tersebut udah ada built in GPS nya. Kita bisa menggunakan perangkat GPS tersebut dengan bantuan software Garmin Mobile PC yang disertakan pada CD penjualan.
  • Cara connect modem Sierra 881U :
  1. Jangan hubungkan dulu Modem Sierra 881U ke komputer/laptop.
  2. Install aplikasi 3G Watcher (3G_Watcher_MP.msi) yang ada di dalam CD driver.
  3. Hubungkan Modem Sierra 881U ke komputer atau laptop, dan biarkan driver di install secara otomatis, jika ditanya ingin install AT&T Communication Manager, jawab tidak. Note: Bila autorun tidak aktif, maka modem akan terbaca sebagai removable disk, klik aja pada root directory-nya, dan driver akan otomatis terinstall.
  4. Update Firmware Sierra 881U dengan menggunakan file AC881U_F1_2_3_15ap.exe yang disertakan pada CD. Klik aja 2 kali filenya.
  5. Restart Komputer.
  6. Modem siap digunakan untuk internetan dengan menggunakan aplikasi 3G Watcher.
  • Cara Install Garmin Mobile PC :
  1. Buka folder Software –> grmpcmbl5.00.50 –> GarminMobilePC_50050 yang ada pada CD.
  2. Install Main.msi dulu, setelah itu baru install Setup.exe.
  3. Restart Komputer.
  4. Update softwarenya ke Garmin Mobile PC 50060, file updatenya bisa di download di sini.
  5. Buka folder Software –> My Maps –> Navigasi yang ada pada CD
  6. Copy file gmapsupp.img ke C:\GarminMobilePC
  7. Buka program Garmin Mobile PC, Pilih Setting –> About . Trus catat Software Unit Id nya.
  8. Exit Program Garmin Mobile PC.
  9. Buka program Garmin Keygen, Isikan Software Unit Id tadi ke kolom “Enter Unit Id”. Kemudian pada “Select Software product” Pilih Garmin Mobile PC, selanjutnya klik Generate.
  10. Buka Notepad, copy paste software unlock code tadi ke dalam notepad, kemudian save as SW.UNL ke dalam folder C:\GarminMobilePC
  11. Masih di program Garmin Keygen, pada kolom “Select Map Product” pilih <custom mapset>, akan muncul box custom mapset dan isi FID (or map ID) dengan 4876 trus klik Generate.
  12. Buka Notepad, copy paste your map unlock code tadi ke dalam notepad, kemudian save as GMAPSUPP.UNL ke dalam folder C:\Garmin
  13. Exit Garmin Keygen.
  14. Jalankan Program Garmin Mobile PC, dan pastikan tidak ada trial lagi, yang artinya Proses Unlock Codenya berhasil.
  • Cara Menjalankan Garmin Mobile PC dengan menggunakan Sierra 881U
  1. Jalankan 3G Watcher.
  2. Pilih Tools –> Display GPS untuk membuka GPS Monitor.
  3. Tekan tanda Play di tengah untuk memulai pencarian satelit. Tunggu sebentar, kalo proses gagal (Failure),tekan tanda pause trus play lagi untuk mengulang proses pencarian. Note: Pencarian satelit sebaiknya dilakukan di alam terbuka dan tanpa penghalang (atap rumah,dll).
  4. Jika pencarian satelit udah sukses, Jalankan Program Garmin Mobile PC. Note: Tidak perlu terhubung ke internet untuk menjalankan GPS.
  5. Selamat Ber-GPS ria…

6 comments

  1. Anonymous said:

    bro, sy udh cb langkah2 spt diatas. Tp knapa garminnya msh ada tulisan "start free trial now". Artinya unlock codenya gak berhasil ya ? Trus gmn solusinya ? GPS dah berfungsi, tp garminnya aja yg gak bs di unlock. Mohon solusinya. Thanks

  2. Anonymous said:

    bro tolong aku dong saya mau instol garmin,Install Main.msi nya tidak ada , setelah itu baru install Setup.exe. juga tak ada terus dunludnya dimana bro? Mohon solusinya. Thanks

  3. 70-545 said:

    Thanks for sharing useful and helpful information about Window Vista home premium. I like this good and perfect article.

  4. Unknown said:
    This comment has been removed by a blog administrator.
  5. klimaXx kah

  6. ow begitu ya
    thxz tipsnya

Post a Comment